Sugo dan Tikno Perkaya Varian Durian di Kabupaten Malang, Yuk Cicipi Kelezatannya

Budi Widodo saat meneliti buah durian Tikno di Desa Ngadirejo, Jabung yang merupakan varian langka. (Nana)
Budi Widodo saat meneliti buah durian Tikno di Desa Ngadirejo, Jabung yang merupakan varian langka. (Nana)

LAMONGANTIMES, MALANG – Berkat ketekunan beberapa orang yang mencintai dunia perkebunan di Kabupaten Malang,  akhirnya ditemukan dua varian durian baru yakni Sugo dan Tikno di Desa Ngadirejo,  Kecamatan Jabung. 

Penemuan Sugo dan Tikno tersebut, terbilang sangat berharga bagi dunia perkebunan di Kabupaten Malang maupun di tingkat nasional. Pasalnya,  dua varian duren tersebut terbilang langka. 

"Penemuan ini tentunya menggembirakan karena akan menambah kekayaan buah durian, khususnya di Kabupaten Malang," kata Budi Widodo yang aktif di Komunitas Sejuta Wisata, Kamis (22/03). 

Durian Sugo dan Tikno yang ditemukan beberapa hari lalu disebut langka dikarenakan masih minimnya jenis durian tersebut. Selain cita rasa yang enak, edible portionnya (porsi daging buah yang bisa dimakan) di atas 25 persen.

Edible portion dua varian duren tersebut juga telah dilakukan pengujian sebanyak tiga kali. Sehingga dua durian baru memang layak dikonsumsi dan diperbanyak pertumbuhannya. 

Budi menjelaskan, ciri-ciri durian Tikno adalah memiliki biji kecil, daging tebal dengan tekstur lembut. Selain itu kering, punel, gurih, aroma sedang, dengan warna putih semburat kuning. 

"Rasanya manis legit dan ada sedikit pahit, tapi tipis rasanya. Durian ini memiliki rasa yang kuat waktu dikunyah, " ujar Budi. 

Dia melanjutkan, untuk durian Sugo hampir sama dengan durian Tikno, hanya warna daging buahnya kuning dan pahitnya agak kuat sedikit.

Penemuan dua varian durian di Kecamatan Jabung yang memiliki 12.400  pohon atau setara dengan 124 hektar, dengan populasi per hektarnya 100 pohon. Akan membuat Kabupaten Malang semakin kaya dengan produk perkebunan yang selama ini identik dengan apel, kopi dan jeruk. 

Selain dua varian durian  yang telah ditemukan di Ngadirejo, Jabung, tim dari Komunitas Malang Sejuta Wisata juga menemukan beberapa varian lainnya yang saat ini belum dieksplor lebih dalam. 

"Kita memang menemukan beberapa varian durian lain. Tapi belum tereksplor," ujar Budi. 

Disinggung mengenai penamaan dua durian langka tersebut, Budi menyatakan, diambil dari nama pemilik pohon durian, yaitu Agus dan Sutikno. 

"Saya yang menamakannya dari nama pemilik pohon dengan sedikit modifikasi kata," pungkas Budi. 

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES
  • KPU Siapkan Pendamping Bagi Pemilih Berkebutuhan Khusus

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang memberikan sosialiasasi kepada para penyandang disabilitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah. KPU juga menegakan akan menyediakan pendamping kepada peilih disabilitas. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Divisi SDM d

  • Aksi Kamisan Malang Kecam Tindak Kekerasan Aparat Pada Jurnalis

    Aksi Kamisan atau aksi damai solidaritas pada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) kembali digelar di Kota Malang, sore ini (19/4/2018). Belasan peserta aksi menyuarakan penolakan terhadap tindakan kekerasan aparat penegak hukum terhadap jurnalis dan aktiv

  • Sidak Ke Jembatan Bailey Jeli-Kediri, Dikyasa Temukan Pergeseran Pondasi, Ini Masalahnya..

    Tak kuat menahan muatan berat kedaraan yang melintas jembatan bailey di Desa Jeli, Kecamatan Karangrejo yang berbatasan dengan Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, mengalami pergeseran. Hal itu disampaikan oleh Kanit Dikyasa, Satlantas Polres Tulungagung, Ip

  • Usai Diklat Bela Negara, Puluhan Siswa Di Tulungagung Kesurupan, Begini Tingkahnya...

    Kesurupan massal kembali terjadi di institusi pendidikan di Tulungagung. Kesurupan yang kesekian kalinya terjadi di SMK Negeri 2 Boyolangu yang melibatkan belasan siswa mengalami tingkah aneh tidak semestinya. "Pas sedang asyik karena penutupan acara be

  • Kabur Ke Dalam Hutan, Pelaku Pencurian Uang Puluhan Juta Berhasil Diringkus

    Pelaku pencurian sebuah tas berisi uang puluhan juta yang terjadi di sebuah toko pada Rabu kemarin (18/04) tepatnya beralamat di Dusun Krajan, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, akhirnya berujung di rumah pesakitan.

  • Gelar Sosialisasi Kabupaten Sehat, Dinkes Targetkan Lolos Verifikasi Hingga Tingkat Nasional

    Kabupaten Blitar yang mengikuti program Depkes, Kabupaten Sehat, yakin bakal lolos dalam verifikasi program tersebut. Dengan lolos verifikasi selain menyandang sertifikat juga menjadi sebuah bukti kalau Kabupaten Blitar merupakan sebuah tempat sehat yang

  • Tas Mini Fashionista, Harganya Bikin Geleng-Geleng

    Urusan penampilan, kaum hawa tas tidak bisa dikesampingkan. Di dunia fashion, malah menjadi titik fokus utama wanita modis di Prancis. Tak ayal, harga tas capai angka fantastis.

  • Selamatkan Ribuan Arsip, Pemkab Alih Media

    Untuk menyelamatkan ratusan ribu arsip Kabupaten Tulungagung, Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Tulungagung lakukan alih media arsip melalui digitalisasi arsip. Selain untuk penyelamatan, hal itu dilakukan lantaran ruang penyimpanan arsip yang kia

  • Tanam Pohon Khas Daerah Tutup Apeksi Di Kota Batu

    Menutup Rapat kerja Komisariat Wilayah IV Apeksi ke-14, 13 kota lakukan tanam pohon di area Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kamis (19/4/2018). Pohon yang ditanam kali ini adalah pohon khas masing-masing kota.

  • Belasan Pemandu Lagu Dijaring

    Sedikitnya, 13 pemandu lagu diamankan di Polresta Probolinggo Kota, Rabu (18/4/2018) malam. Pemandu yang seluruhnya perempuan tersebut diamankan dari tempat hiburan Pop City dalam sebuah razia yang dilakukan Polresta. Mereka kemudian dipulangkan, setelah

  • Kantor Gojek Diluruk Mitra Gocar

    Puluhan pengemudi Go-car ngelurug kantor Gojek di Ruko Panglima Sudirman, Kota Probolinggo, Kamis (19/4) sekitar pukul 10.00. Mereka mendatangi kantor gojek online, karena keberatan dengan perubahan sistem bagi hasil atau pendapatan yang diberlakukan seja

  • Target Meningkat, Ditjen Pajak Jatim III Kembali Gandeng Ditjen Bea Cukai

    Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Jatim III Malang terus menggencarkan upaya optimalisasi penerimaan negara. Terlebih pada 2018 ini, target penerimaan pajak di wilayah Malang Raya dan sekitar naik menjadi Rp 31,53 triliun dibanding 2017 lalu yang sebesar

Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top