Deretan Mal di Indonesia yang Menerapkan Konsep Islami, Malang Jadi Satu-Satunya di Jatim

Mall Dinoyo City (MDC) yang berada di kawasan Jalan MT Haryobo Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Mall Dinoyo City (MDC) yang berada di kawasan Jalan MT Haryobo Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

LAMONGANTIMES, MALANG – Pandangan bahwa pusat perbelanjaan atau mal adalah bagian dari gaya hidup hedonis tidak selamanya benar. Karena beberapa mal justru bernafas Islam. Mana saja mal yang mengusung konsep Islami? Simak rangkuman khas MalangTIMES berikut ini :

Khazanah Plaza

Berlokasi di Batam, Khazanah Plaza menyatakan diri sebagai mal pertama di Indonesia yang menerapkan konsep Islami sejak April 2015. Terletak di kawasan Sukajadi, seluruh produk di mal tersebut bersertifikat halal. Selain itu, pelayanan di mal tersebut menerapkan prinsip syariah. 

Khazanah Plaza mewajibkan karyawati mal berhijab. Mal juga menerapkan aturan ketat untuk penjualan barang yakni tidak menjual barang subhat, apalagi haram. 

Areal mal berkonsep Islami di Batam, Riau yakni Khazanah Plaza (foto: kazanamall.blogspot.com)

Dikutip dari Go Muslim, manajemen Khazanah Plaza Batam meminta kegiatan usaha sementara dihentikan apabila memasuki waktu untuk ibadah shalat. Selain itu, 50 persen keuntungan usaha dialokasikan untuk kegiatan sosial.

Annarto Mall

Di tanah Jawa, mal berkonsep Islami ada di Jawa Barat tepatnya Garut. Mal itu adalah Annarto Mal yang ada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Mal ini dibuka pada sekitar bulan Agustus 2016 lalu.

Konsep mal ini adalah bagi hasil. Tenant tidak harus membayar sewa tetapi 40 persen keuntungan diberikan kepada manajemen mal. Dengan konsep ini, manajemen meyakini tidak memberatkan pedagang.

Salah satu gerai di mal berkonsep Islami di Garut Jawa Barat, Annarto Mall (foto: annartomall.com)

Dengan luas sekitar 3 hektare, Annarto Mal fokus melindungi Usaha Kecil Menengah (UKM). Dilansir dari Republika, mal tersebut sudah memiliki lebih dari 200 pelaku industri UKM.

MALL DINOYO CITY (MDC)

Mal berkonsep Islami juga bakal segera hadir di Bhumi Arema Malang. Mall Dinoyo City yang terletak di Jalan MT Haryono Kota Malang akan menyulap pusat perbelanjaan bernafaskan Islam. 

Direktur Operasional Mall Dinoyo City Jufri Naz menjelaskan konsep Islami yang diusung perlahan mulai diterapkan di jajaran manajemen.

"Untuk konsep Islami itu kita memang belum sampai ke tenant karena mal ini berdiri sebelumnya belum ada konsep Islami," ungkap ia kepada MalangTIMES.

Mall Dinoyo City di Jalan MT Haryono Kota Malang bakal menjadi mal berkonsep Islami (foto: dok/MalangTIMES)

Jufri mengatakan, Mall Dinoyo City sudah lama memperbaiki fasilitas ibadah. Masjid di mal tersebut bersih, luas, dan nyaman. Dia menambahkan untuk salam kepada pengunjung mal mulai diterapkan greeting "Assalammu'alaikum".

"Terutama di personal karyawan kami, membiasakan untuk greeting Islam. Greeting-nya adalah 'assalamualaikum' seperti itu. Nanti itu ada di bagian depan dan security yang sering berinteraksi dengan pengunjung," papar dia.

Lebih lanjut, dalam rangka membangun konsep Islam pihaknya juga getol mengusahakan event-event bernafaskan Islam.

Di antaranya adalah Hapus Tato Gratis yang merupakan kerjasama antara  Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Islamic Medical Service (IMS), dan media online MalangTIMES.

"Selain itu nanti juga ada Islamic Fair di bulan April ini yakni sebuah event yang nanti kita akan menjual aneka produk Islami," sambungnya.

Disinggung soal kesiapan tenant-tenant yang sudah banyak menempati areal Mall Dinoyo City, Jufri mengatakan akan terus melakukan sosialisasi.

"Ya misalnya sudah ada karaoke dan bioskop. Ya untuk aturannya sudah jelas tidak boleh menjual alkohol dan tidak ada pemandu lagu. Kalau bioskop film tidak boleh mengandung adegan yang tidak sopan," tegas Jufri. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top