Wisata Alam Puncak dan Lereng Gunung Argopuro Situbondo Penuh Sensasi dan Misteri

Tim Ekpedisi Bupati, Wabup, Dandim serta Kapolres Situbondo saat berada di Padang Savana Cikasur Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang. Kabupaten Situbondo (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)
Tim Ekpedisi Bupati, Wabup, Dandim serta Kapolres Situbondo saat berada di Padang Savana Cikasur Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang. Kabupaten Situbondo (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)

LAMONGANTIMES, SITUBONDO – Gunung Argopura merupakan salah satu bekas gunung berapi aktif yang terletak di wilayah Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih dari 3.088 Mdpl tersebut mempunyai sensasi panorama yang indah dan keunikan serta mesteri Dewi Rengganis yang belum terungkap.

Kendati nama puncak Gunung Argopura tak setenar nama-nama gunung di Wilayah Jawa Timur, namun puncak gunung ini kerap dikunjungi masyarakat pendaki dari berbagai penjuru dunia sebagai ajang pendakian gunung yang keindahan panoramanya tidak dimiliki oleh gunung-gunung lain di Indonesia bahkan di Dunia, Senin (9/7/2018)

Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak, salah satunya adalah puncak Rengganis yang mempunyai daya tarik khas puncak gunung yang tak dimiliki gunung-gunung lain di Indonesia maupun di dunia. Di Puncak Rengganis juga terdapat situs peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamanya. Reruntuhan bersejarah itu, konon dipercayai masyarakat setempat sebagai bekas reruntuhan kerajaan Dewi Rengganis.

Sebelum mencapai puncak Rengganis, para pendaki akan menemui hamparan luas Cikasur yang pemandangan sangat indah. Kendati nama Cikasur yang berada di lereng Gunung Argopuro nama tak terkenal seperti gunung-gunung lain, tapi memiliki sejuta kisah dan misteri yang mengejutkan, yang tak dimiliki gunung-gunung lain di Indonesia maupun di Dunia. Gunung Argopuro yang terletak di wilayah Kabupaten Situbondo ini memiliki sederet deret keunikan dan keindahan yang digemari oleh para pendaki dari berbagai daerah di Indonesia maupun manca negara.

Untuk mendaki gunung ini ada beberapa pilihan rute dan yang paling banyak dipilih oleh para pendaki yaitu rute atau melalui Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. Meski Gunung Argopuro Situbondo bukan gunung tertinggi, tapi jalur pendakian untuk menuju ke Gunung Argopuro dikenal sebagai gunung yang terpanjang di Pulau Jawa. Untuk mencapai hingga puncak Gunung Argopuro, para pendaki memiliki waktu tempuh yang cukup panjang.

Gunung Argopuro dikenal masyarakat setempat memiliki sejuta kisah yang telah terjadi sejak zaman dahulu kala. Seperti halnya di puncak gunung ini pula ditemukan reruntuhan istana yang yang diyakini sebagai satu-satunya istana atau kerajaan Dewi Rengganis yang berada di ketinggian 3 ribu mdpl. Menurut keyakinan masyarakat setempat kemistikan dan misteri serta keunikan yang di miliki Gunung Argopuro tidak terlepas dari misteri atau kemistikan legenda Dewi Rengganis, sehingga puncak ini dinamakan Puncak Rengganis oleh masyarakat setempat.  

Gunung ini memiliki tiga puncak dengan nama yang berbeda-beda, ada dua puncak utama yaitu puncak Argopuro dan puncak Rengganis, sedangkan satu puncak lagi bernama puncak Arca yang merupakan puncak semu. Masing-masing puncak ini memiliki kisah yang menarik dan unik untuk diperbincangkan.

Jika puncak Argopuro terkenal dengan adanya bekas istana Dewi Rengganis yang konon diyakini masyarakat setempat Dewi Rengganis itu adalah putri dari seorang Raja pada Jaman Kejayaan Kerajaan Majapahit. Kendati legenda Dewi Rengganis ini masih misteri dan tidak bisa dibuktikan secara pasti, namun di Puncak Rengganis ditemukan situs purbakala yakni puing-puing seperti reruntuhan candi yang nampak masih jelas gerbang dan ruang-ruangnya.

Penamaan puncak Arca berasal dari penemuan atau keberadaan dua buah arca dengan bagian kepala yang rusak. Warga setempat maupun pendaki yang melintasi kawasan Puncak Arca ini meyakini jika arca yang ditemukan di sana merupakan perwujudan dari Dewi Rengganis.

Selanjutnya, sebelum para pendaki sampai di puncak Rengganis akan melalui kawasan yang bernama Cikasur yang terkenal sebagai padang savana yang luas. Di Cikasur ditemukan bekas landasan pesawat yang kabarnya dibangun pada zaman Belanda. Banyak sekali cerita sejarah yang ada di sepanjang jalur pendakian Gunung Argopuro hingga sampai di puncaknya.

Penasaran dengan sejuta keunikan dan misteri serta panaroma yang indah saat mendaki Gunung Argopuro yang berada di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, silahkan saksikan secara langsung Vestifal Argopuro 3 yang akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 14 Juli 2018. (*)

 

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top