Calon Bayi dari Ibu ODHA Masih Bisa Negatif HIV, asalkan...

Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

LAMONGANTIMES, MALANG – Calon bayi dari ibu ODHA (orang dengan HIV/AIDS) ternyata masih memiliki kesempatan untuk negatif HIV. Meskipun kemungkinannya hanya 10 persen, calon bayi yang akan dilahirkan dapat saja tidak terpapar  virus mematikan tersebut.

"Seorang ibu hamil yang mengidap HIV, calon bayinya 90 persen kemungkinan tertular. Tapi masih ada 10 persen untuk menjadikan calon bayi tersebut tidak tertular," terang Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Malang dr Bayu Tjahjawibawa.

Menurut dia, mengurangi risiko calon bayi terpapar HIV adalah dengan cara melakukan pemeriksaan sejak dini pada setiap ibu hamil. Sehingga dapat diketahui apakah ibu hamil tersebut terpapar HIV atau tidak.

"Itu sebabnya, saat ini kami sangat gencar untuk mengajak ibu hamil memeriksakan diri, terutama saat usia kandungan enam bulan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Netral Imam Ghozali menyampaikan, sejak 2005 sampai 2019 sudah tercatat ada 60 anak-anak yang positif HIV. Kebanyakan memang baru diketahui saat mereka berusia tiga tahun.

Dari hasil survei di lapangan, yang paling rentan tertular adalah ibu rumah tangga. Sehingga kemungkinan besar para ibu rumah tangga itu tertular. Sebab, virus HIV paling besar dikarenakan faktor hubungan badan, melalui cairan pada vagina.

"ODHA yang ingin hamil harus sepengetahuan dokter. Sebab, pasti akan ada perlakuan khusus agar calon bayi tak terpapar. Meski ada baiknya perempuan yang terpapar virus HIV  tidak mengandung," tambah Bayu.

Lebih jauh dia menegaskan agar masyarakat tidak selalu memberi stigma negatif kepada pengidap HIV. Sebab, virus HIV tidak mudah tertular hanya dengan kegiatan sosial seperti ngobrol bersama atau makan bersama.

"Ada indikator khusus virus HIV menular. Jadi, pelukan bahkan ciuman sebenarnya tidak akan tertular HIV," pungkas Bayu. 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top