Catat, Ini Do's & Doníts untuk Anda yang Berniat Tinggal di Apartemen

Foto ilustrasi (Pinterest)
Foto ilustrasi (Pinterest)

LAMONGANTIMES, MALANG – Tren masyarakat kota terhadap hunian yang nyaman dari waktu ke waktu mulai berubah. Adanya keterbatasan lahan membuat sejumlah masyarakat kota kini lebih nyaman tinggal di apartemen dibandingkan tinggal di rumah.

Munculnya pola hidup praktis membuat masyarakat, terutama kalangan milenial, lebih memilih hunian vertikal atau apartemen sebagai alternatif. Nah, apabila Anda salah satu dari orang yang berniat tinggal di apartemen, ada baiknya Anda tahu hal-hal yang perlu dan tidak boleh dilakukan tatkala tinggal di sana. Seluruhnya terangkum dalam do's and don’ts ketika pertama tinggal di apartemen versi MalangTIMES berikut ini.

Don’ts ketika pertama tinggal di apartemen:

1. Jangan berlebihan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Selalu periksa pengeluaran Anda.

2. Jangan jadi tetangga yang menyebalkan karena akan ada waktu dimana Anda membutuhkan bantuan tetangga.

3. Seperti halnya di rumah, jangan lupa memeriksa apartemen. Pastikan toilet dan shower berfungsi baik. Periksa juga colokan serta kontak listrik. Periksa bagian dinding, plafon, serta lampu.

4. Jangan menyimpan hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan di dalam unit sangat dilarang dan hampir berlaku di seluruh apartemen. Hal ini untuk menjaga keamanan antar-penghuni dan ditakutkan hewan-hewan tersebut akan mengganggu atau bahkan keluar dari hunian anda dan masuk kedalam unit tetangga Anda.

5. Jangan menyimpan barang di koridor dan pakaian di balkon. Menjemur pakaian di pagar balkon ataupun menyimpan rak/sepatu tepat di depan unit tidak diperkenankan. Nilai estetika apartemen akan berkurang jika semua orang menjemur pakaian di balkon.

Do's ketika pertama tinggal di apartemen

1. Berhemat

Terdapat pengeluaran-pengeluaran mengejutkan saat pertama tinggal di apartemen. Setidaknya Anda perlu memiliki simpanan 3 kali sewa bulanan sebelum pindahan. Misalnya, Anda perlu membayar deposit, membeli furniture, serta hal-hal kecil yang tadinya tidak Anda sadari seperti kantong plastik, alat makan, serta tissu toilet.

2. Hanya beli yang sekiranya Anda butuhkan

Memiliki apartemen baru, Anda akan sangat tergoda untuk membeli beragam furniture lucu-lucu. Tak perlu terburu-buru, pikirkan betul apa yang benar-benar Anda butuhkan. Anda tidak akan tahu akan ada kebutuhan tak terduga. Pelan-pelan saja agar kondisi keuangan Anda lebih aman.

3. Buat rencana anggaran

Untuk itu, luangkan waktu untuk menentukan anggaran secara detail dan prioritaskan mana pengeluaran yang bisa dikurangi. Kenali kelemahan Anda, seperti sering makan di luar atau sering berbelanja online.

4. Sewa apartemen bersama teman

Ini bisa menjadi solusi Anda untuk menghemat pengeluaran. Bahkan, tidak hanya membantu meringankan pengeluaran, Anda tapi juga menghindari rasa kesepian yang mungkin akan Anda alami.

4. Luangkan waktu untuk cuci gudang

Luangkan waktu untuk cuci gudang benda yang tidak lagi Anda gunakan. Lantaran ruang apartemen yang sempit, hal ini perlu dilakukan. Ini juga akan memudahkan Anda saat pindahan.

5. Pahami isi perjanjian sewa

Sangat penting untuk memahami perjanjian sewa serta aturan yang ada di komplek apartemen sebelum menempatinya. Aturan dalam perjanjian sewa biasanya beragam. Ada yang menyatakan jam tenang mulai dari jam 10 malam sampai 7 pagi. 

Jadi, Anda tidak bisa mengadakan pesta di jam tersebut. Atau bila Anda mengecat dinding kamar padahal tertulis penyewa tidak boleh melakukannya, maka Anda harus membayar untuk memperbaikinya ketika masa sewa berakhir. Jadi, sangat penting membaca dan memahami perjanjian sewa.

6. Kenali lokasi apartemen

Kenali area apartemen yang akan Anda tinggali. Cari tahu restoran yang recommended di sekitar apartemen. Apakah ada pusat kebugaran. Di mana letak grocery store, bank, serta pusat ATM.

Berbicara mengenai lokasi apartemen, di Kota Malang, terdapat lokasi apartemen yang sangat strategis dan memiliki akses mudah ke mana saja, mulai dari tol, bandara, terminal, pusat perbelanjaan, kampus-kampus, pusat kuliner, dan lain-lain. Apartemen tersebut ialah The Kalindra.

Lokasinya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara No 10, Kota Malang. The Kalindra memiliki akses yang mudah ke mana saja. Lokasi The Kalindra berdekatan dengan exit tol Surabaya-Malang, barangkali hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1-2 menit saja.

The Kalindra juga memiliki akses yang mudah ke Bandara Abdulrachman Saleh dan Terminal Arjosari, yakni hanya sekitar 5-10 menit. Sedangkan, untuk menuju pusat kota, katakanlah alun-alun, maksimal perjalanan juga hanya sekitar 10 menit.

Selain itu, The Kalindra dekat dengan puluhan kampus terbaik, sekolah internasional bina bangsa dan binus, pusat perbelanjaan, dan pusat kuliner. Cukup 1 menit ke Hawai Waterpark dan 30 menit ke Kota Batu.

"Jadi, orang itu sudah tidak perlu lagi masuk kota. Apalagi macet-macet gitu kan," ujar Executive Manager Marketing Ferdinando Redha Asmana.

Jadi, tidak hanya strategis saja. The Kalindra yang terletak di jalan utama Kota Malang ini juga diprediksi akan bebas macet setelah underpass Karanglo jadi. Harga yang ditawarkan apartemen ini cukup murah, yakni start from Rp 300-an juta saja.

Untuk diketahui, berinvestasi di The Kalindra dijamin tak akan ada masalah. Tak akan ada sengketa lahan seperti halnya kasus-kasus apartemen lain. Sebab, The Kalindra telah menguasai 100 persen lahannya. Untuk itu, keamanan berinvestasi untuk calon penghuni terjamin

"Milik kita SHM (sertifikat hak milik). Jadi. tidak ada sengketa karena dari awal sudah kita bebaskan tahun 2008, sudah lama," pungkas Ferdinando.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top