Ngeri, 46 Nyawa Melayang di Jalan Kabupaten Malang Dalam Triwulan Pertama

Ilustrasi evakuasi korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan, Kabupaten Malang (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Ilustrasi evakuasi korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan, Kabupaten Malang (Foto : Dokumen MalangTIMES)

LAMONGANTIMES, MALANG – Meski himbauan terkait keamanan dan keselamatan berkendara, sudah banyak digelorakan oleh berbagai instansi terkait, namun jumlah kecelakaan di Kabupaten Malang masih marak terjadi. Jika dirata-rata, dalam sebulan 15 nyawa melayang akibat terlibat kecelakaan.

Kanitlaka Lantas Polres Malang Ipda Agus Yulianto menjelaskan, berdasarkan data resmi yang dihimpun Polres Malang, jumlah kecelakaan memang terbilang tinggi. Pada rekapan bulan januari lalu misalnya. Dalam sebulan, sedikitnya ada 60 insiden kecelakaan yang ditangani polisi. Dimana pada saat itu, terdapat 22 korban yang dinyatakan meninggal dunia.

Bergeser pada bulan februari 2019, polisi mencatat sedikitnya ada 52 insiden kecelakaan yang terjadi dalam sebulan. Saat itu dikabarkan, 12 nyawa melayang setelah terlibat kecelakaan maut.

Lanjut, pada bulan maret 2019 lalu. Petugas mencatat sedikitnya ada 59 pristiwa kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Mapolres Malang. Dari jumlah tersebut, 12 orang dikabarkan meninggal dunia. “Dari catatan kami, lebih dari 75 persen kecelakaan yang terjadi didominasi oleh pengendara sepeda motor,” kata Agus.

Jika di-flash back, angka kecelakaan juga marak terjadi di tiga tahun belakangan ini. Tepatnya pada tahun 2018 silam, sedikitnya ada 711 insiden kecelakaan yang ditangani polisi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 185 jiwa dinyatakan meninggal dunia.

Bergeser setahun sebelumnya, tepatnya pada 2017 lalu. Polisi disibukkan dengan kasus kecelakaan yang terjadi sebanyak 904 kali. Dari jumlah tersebut, 278 jiwa dinyatakan meninggal dunia. “Kami menghimbau kepada semua pengguna jalan, selalu taat terhadap peraturan berlalu lintas dan saling menghargai sesama  pengguna jalan serta berdoa sebelum bepergian,” imbau Agus.

Pewarta : Ashaq Lupito
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top