Target Partisipasi Pemilih 80 Persen, KPU Kota Blitar Bikin Lomba Selfie TPS

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Blitar, Ummu Chairu Wardhani
Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Blitar, Ummu Chairu Wardhani

LAMONGANTIMES, BLITAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menargetkan partisipasi pemilih pemilu 2019 di Kota Blitar mencapai 80 persen. Demi itu, KPU Kota Blitar gelar lomba selfie di sekitar TPS (tempat pemungutan suara).

"Kita ada lomba selfie ya, jadi lomba selfie di sekitar TPS, kecuali di bilik. Pesertanya umum dan KPPS. Hadiah totalnya dua belas juta rupiah," kata Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Blitar, Ummu Chairu Wardani, saat dihubungi pewarta blitartimes.com di kantornya, Senin (15/04/2019).

Aturan dan cara mengikuti lomba, kata dia, adalah peserta hanya diperbolehkan selfie di lingkungan TPS dengan gaya seinovatif mungkin, yang memperlihatkan telah menyalurkan hak pilihnya dengan bukti jari tangannya telah ada tanda tinta.

Langkah selanjutnya, setelah peserta selesai selfie, peserta lomba tinggal mengunggah foto selfie nya melalui akun media sosial facebook atau instagram (IG) miliknya, dengan mengetag akun media sosial facebook atau instagram KPU Kota Blitar.

"Jadi bisa di tag lewat facebook maupun dari IG nya, kemudian dari KPU Kota Blitar. Pemenangnya 1, 2, 3, harapan 1, 2, 3 sama yang like terbanyak. Peserta bisa mengupload lewat salah satu media sosial atau dua-duanya. Nanti dilihat mana yang like nya paling banyak. Nanti juga bisa kita akumulasi," urainya.

KPU Kota Blitar, kata Ummu, memang mentargetkan pastisipasi kehadiran pemilih ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya sebesar 80 persen. Target partisipasi masyarakat (parmas) itu melebihi target parmas secara nasional yang sebesar 77,5 persen.

Saat pemilu 2014 kemarin di Kota Blitar, target parmas pemilih sebesar 78 persen. Sedangkan pada pilgub Jatim 2018 lalu, parmas pemilih 72 persen. Dia optimis target parmas pemilih pemilu 2019 di Kota Blitar bisa melampaui target nasional.

Dengan menyelenggarakan lomba selfie di sekitar TPS, dia menandaskan bisa menarik optimisme masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya. Sebab, upaya itu juga menghadirkan nuansa pesta demokrasi rakyat yang berbalut suka cita menyambut masa depan negara yang makin baik.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top