KM 55 Piket Nol Longsor, Pengguna Jalan Menuju Malang Diminta Waspada

Inilah kondisi jalan menuju Malang di KM 55 Piket Nol yang diunggah warganet (Foto : Media sosial)
Inilah kondisi jalan menuju Malang di KM 55 Piket Nol yang diunggah warganet (Foto : Media sosial)

LAMONGANTIMES, LUMAJANG – Jalur selatan menuju Malang sekitar pukul 13.00 siang ini, Jumat (14/6) mengalami longsor yang menutup badan jalan, sehingga arus lalu lintas dari Lumajang menuju Malang dan sebaliknya lumpuh total.

Disamping material tanah, sebuah batu besar juga nyaris menutup badan jalan. Untuk memindahkan material longsor di KM 55 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang sudah mengirim alat berat. Kondisi terakhir jalur sudh mulai bisa dilalui sepeda motor dengan sistem buka tutup atau bergantian.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi kepada media ini mengatakan, longsor dari tebing Piket Nol ini terjadi pada sebuah titik rawan, yang cukup sering terjadi longsor jika turun hujan dalam intensitas tinggi.

“Untuk jalur Piket Nol KM 53 sampai 59 memang merupakan titik yang rawan longsor. Dan longsor kali ini terjadi pada KM 55. Kita akan usahakan agar lalulintas kembali normal, karena alat berat sudah berada di lokasi untuk memindahkan material longsor,” kata Wawan Hadi.

Dijelaskan Wawan, untuk wilayah selatan khususnya di area Piket Nol selama tiga hari terakhir memang turun hujan, termasuk pada hari ini. Keadaan ini menyebabkan tanah pada tebing menjadi labil, sewaktu-waktu bisa menjadi bahaya longsor.

“Kita berharap warga yang akan melintas untuk waspada, terutama pada KM 53 sampai 59. Ini salah satu kawasan yang sangat rawan longsorjika turun hujan,” kata Wawan Hadi kemudian..

Lumajang memiliki dua kawasan longsor yang setiap tahun sering membahayakan pengguna lalulintas. Keduanya adalah jalur Lumajang menuju Malang. Yang pertama jalur Piket Nol, yang kedua jalur menuju Malang melalui Ranu Pane. Dua kawasan ini sering terjadi longsor yang bisa menghambat arus lalulintas Lumajang Malang dan sebaliknya.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top