Kemarau, Dinkes Kota Malang Ingatkan Tetap Waspadai ISPA

Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

LAMONGANTIMES, MALANG –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang  mengingatkan warga akan adanya Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada musim kemarau ini. Sebab, debu dan udara dengan kelembaban kering mampu membuat seseorang terjangkit infeksi ini. Terlebih mobilitas yang tinggi di luar ruangan bagi banyak kalangan.

Kepala Dinkes Kota Malang Supranoto menyampaikan, ISPA memang menjadi salah satu bentuk penyakit yang banyak menyerang tubuh manusia saat musim kemarau datang. Di Kota Malang sendiri, sampai Mei 2019 tercatat ada 5.224 kasus ISPA. Jumlahnya tersebar di lima kecamatan di Kota Malang. "Tapi tidak ada kenaikan ya," katanya.

Menurut Supranoto, sepanjang 2018, ditemukan 78.457 kasus ISPA. Artinya, jumlah warga yang mengidap ISPA tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. 

Meski begitu, kadinkes  tetap mengingatkan agar masyarakat menjaga kesehatan diri dengan memastikan kebersihan badan dan lingkungan. Menurut Supranoto, lingkungan dan gaya hidup juga berpengaruh besar terhadap sebuah penyakit yang mungkin akan diidap seseorang.

Selama kemarau, dia mengimbau agar masyarakat rutin mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Selain itu, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga serta minum air putih. "Istirahat yang cukup dan dengan pola makan yang baik pula," urainya.

ISPA sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang segala usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Penularan dapat terjadi melalui udara yang dihirup atau lewat cairan yang mengandung virus atau bakteri yang melekat pada permukaan benda saat seseorang menyentuhnya. 

Itu sebabnya, setiap melakukan aktivitas di luar ruangan, disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun. "Intinya agar bisa terhindar (ISPA), harus rutin minum air putih dan menjaga kebersihan diri," kata Supranoto.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]lamongantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]lamongantimes.com | marketing[at]lamongantimes.com
Top