Emirates Stadium (istimewa)

Emirates Stadium (istimewa)



Stadion merupakan aspek penting bagi tim sepak bola, dan sebuah tim sepak bola harus memiliki stadion yang aman dan dilengkapi dengan fasilitas sangat baik untuk penonton, pers dan disabilitas.

Dan perlu diketahui, untuk membangun stadion sepakbola diperlukan biaya yang sangat-sangat besar. Dari banyaknya stadion diseluruh dunia, berikut 5 stadion termahal yang ada di dunia.

1. Stadion Santiago Bernabeu

Stadion ini merupakan markas tim sepakbola Real Madrid yang berlokasi di Kota Madrid, Spanyol. Stadion yang di bangun pada tahun 1944 hingga 1947 ini, mengalami 2 kali renovasi pada tahun 1982 dan tahun 2001 dengan menelan biaya hingga 206 juta poundsterling atau Rp. 75,67 Triliun.

Menjadi salah satu stadion termahal tentunya Santiago Bernabeu memiliki fasilitas yang super mewah. Mulai dari 8 lift, 3300 kursi untuk penonton VVIP, restoran mewah dan museum klub.

Selain itu juga Stadion Bernabeu memiliki fasilitas ruang ganti yang nyaman serta tentunya tidak ketinggalan ruang konfrensi pers yang sangat-sangat nyaman.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Real Madrid di tahun 2017 mengumumkan proyek renovasi senilai 352 juta poundsterling atau Rp. 6,6 Triliun tanpa menambah jumlah kapasitas kursi penonton yang saat ini masih diangka 81 ribu kursi.

Proyek ini di canangkan selesai pada musim 2020 sampai 2021. Berdasarkan kesepakatan tersebut ada kemungkinan nama Stadion Santiago Bernabeu berubah tergantung kerjasama dengan pihak sponsor.

2. Emirates Stadium

Berlokasi di Holloway London, Inggris. Stadion sepakbola terbesar ke empat di Inggris setelah Stadion Wembley, Old Trafford dan Stadion Tottenham Hotspur. Stadion tersebut markas Arsenal dengan kapasitas 60 ribu kursi.

Didesain oleh Populous yang merupakan desainer Stadion Wembley, Stadion Emirates dibangun pada Februari tahun 2004 hingga Juli 2006 dengan manghabiskan biaya sebesar 421 juta poundsterling atau setara Rp. 7,9 Triliun.

Termasuk kategori stadion termahal, Emirates Stadium terdapat beberapa toko dan juga pusat perbelanjaan. Ada juga museum yang menceritakan panjang Arsenal.

Perlu kamu ketahui sebelum terjadi kesepakatan antara Arsenal dengan perusahaan Emirates nama Arsenal Stadium merupakan nama resmi sebelum akhirnya menjadi Emirates Stadium.

3. Cape Town Stadium

Berlokasi di Cape Town Afrika Selatan pembangunan Stadium ini diperuntukan untuk ajang sepakbola Piala Dunia 2010 yang dilaksanakan di Afrika Selatan.

Didesain oleh GMP Architect, Louis Karol Architect dan Point Acrhitect. Stadion ini di bangun selama 3 tahun pada 2007 hingga 2009 dengan biaya hingga 415 Juta Pounsterling atau setara Rp. 7,8 Triliun menjadi stadion dengan budget mahal dengan 55 ribu kursi.

Tidak lupa Cape Town Stadium terdapat fasilitas medis, pelatihan dan konferensi yang super canggih.

Saat ini Cape Town Stadium menjadi markas Cape Town FC, tercatat dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2010, stadion ini menyelenggarakan beberapa laga penting termasuk laga semifinal antara Uruguay vs Belanda.

4. Mane Garrincha Stadium

Dibuka untuk umum pada tahun 1974 dengan kapasitas 45 ribu kursi Stadion ini mengalami rekontruksi pada tahun 2010 hingga 2013 dengan peningkatan kapasitas menjadi 72 ribu kursi.

Jumlah tersebut menjadikan Stadion Mane Garrincha sebagai Stadion terbesar kedua di Brasil. Didesain oleh Icarus Castro Mello untuk stadion lama dan Eduardo Castro Mello untuk desain renovasi stadion ini diklaim sebagai stadion yang ramah lingkungan.

Dengan menggunakan seminimal mungkin konsumsi energi seperti halnya desain stadion yang memungkinkan suhu di stadion lebih dingin tanpa harus menggunakan pendingin ruangan.

Biaya pembangunan stadion ini sebelumnya hanya 221 juta ponsteling atau setara 4,2 Triliun. Namun dikarenakan adanya ajang Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil, biaya pembangunan rekontruksi stadion menjadi 664 juta ponsteling atau 12 Triliun.

Yang perlu diketahui nama stadion merupakan penghargaan untuk pemain sepakbola Brasil Mane Garrincha yang membawa Brasil Piala Dunia pada 1958 dan 1962.

5. Wembley Stadium

Berlokasi di London Inggris Stadion Wembley merupakan kandang Tim Nasional Inggris. Di stadion ini pula setiap laga final FE dilaksanakan.

Stadion Wembley sendiri dibangun pada tahun 1923 dan pada tahun 2003 dihancurkan dan diganti dengan stadion baru tetap menggunakan Wembley sebagai nama stadion.

Didesain oleh Populous dan Foster and Patnert, stadion Wembley memiliki kapasitas 90 ribu kursi. Wembley merupakan stadion terbesar di Inggris dan kedua di Eropa. Pembangunan stadion ini dilaksanakan dari tahun 2003 hingga 2007 dengan menghabiskan dana 1,09 milyar pounsterling atau setara Rp. 22,5 Triliun.

Ciri khas yang paling terlihat dari Stadion Wembley adalah lengkungan baja yang tingginya mencapai 133 Meter seberat 1570 ton.

Dan secara keseluruhan konstruksi Stadion Wembley telah menghabiskan lebih dari 23 ribu ton baja. Selain itu yang unik di Stadion Wembley adalah atap tribun penonton yang bisa di geser menjadi salah satu kecanggihan stadion dengan jumlah toilet terbesar didunia yakni 2618 toilet.


End of content

No more pages to load