Suasana layanan kesehatan di Puskesmas Kendalsari (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Suasana layanan kesehatan di Puskesmas Kendalsari (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)



Berbicara masalah kesehatan, tidak cukup hanya ketika mengalami sakit saja. Tapi, beberapa hal yang terkadang dianggap tidak penting justru membutuhkan pemantauan kesehatan.

Tak ayalnya yang rutin dilakukan oleh Puskesmas Kendalsari. Sebagai wujud mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang juga selalu dicanangkan oleh Dinas Kesehatan, layanan kesehatan ini secara rutin memberikan program kesehatan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) di wilayahnya.

Bukan tanpa sebab, perhatian akan keselamatan kerja dan sebuah hasil produk olahan UKM tetap harus terjaga kebersihan dan kesehatannya. Misalnya saja, perkara ruangan yang digunakan hingga perilaku pelaku usaha dalam mengolah produksinya yang harus dengan menerapkan PHBS.

"Misalnya pelaku UKM produk kripik menjes, kita rutin juga melakukan pemantauan terkait tempat produksinya bersih atau tidak. Kemudian bahan baku yang digunakan, pola pekerjanya seperti apa sudah menerapkan PHBS atau belum," ujar Kepala Puskesmas Kendalsari, drg Satindri Setyo Palupi.

Menurut dia, keterlibatan pembinaan yang dilakukan oleh Puskesmas Kendalsari tersebut sebagai upaya K3 (kesehatan, keselamatan, kerja). Yang menjadi perhatian khusus salah satunya mengenai cara cuci tangan dan peralatan kerja.

"Kita lihat lingkungan kerjanya. Bagaimana dalam mengolah produk itu tangannya harus bersih. Kita juga menyarankan untuk memakai alat pelindung diri seperti masker, celemek, dan juga sarung tangan kalau akan membuat produk olahan makanan," imbuhnya.

Tak hanya itu, wanita yang akrab disapa Indri ini menjelaskan jika produk olahan makanan harus mencapai kesehatan secara personal. Artinya higiene dan sanitasi pada sebuah produk UKM harus terpenuhi.

"Tidak hanya orangnya saja yang bersih, tapi tata cara penyimpanan produk juga akan berpengaruh pada makanan itu. Mulai dari aspek gizinya seperti apa, pemantauan kualitas ya. Kemudian kalau makanan yang kulkas sebaiknya disimpan pada suhu - suhu tertentu. Jadi higiene dan sanitasi - nya terpenuhi," pungkasnya.


End of content

No more pages to load