Ilustrasi rambut rusak. (Foto: istimewa)

Ilustrasi rambut rusak. (Foto: istimewa)



Banyak hal yang dilakukan wanita untuk memperindah penampilan rambutnya. Mulai dari mencatok, mewarnai, hingga memakai berbagai produk perawatan rambut. Sayangnya, kegiatan-kegiatan tersebut terkadang malah merusak rambut.

Berkali-kali mewarnai rambut misalnya, dapat membuat rambut bercabang dan merusak keindahannya. Memang, ada banyak alasan di balik rusaknya ujung rambut. Entah itu karena perubahan cuaca, teknik perawatan rambut yang salah, atau penggunaan produk yang merusak rambut sehingga jadi kering.

Tak jarang kita terpaksa harus memotong rambut yang sudah dibiarkan tumbuh panjang karena kondisinya yang sudah tidak lagi sehat.

Walaupun memotong merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan rambut, seringkali rambut yang bercabang masih terus menghantui entah seberapa kalipun kita mencoba mengatasinya.

Nah, berikut ini beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi rambut bercabang.

1. Telur

Telur kaya protein dan asam lemak. Seperti yang kita tahu, rambut terdiri atas 70 persen protein keratin. Protein pada telur mampu membentuk kembali helaian rambut yang telah rusak. Ia juga mengisi bagian pada rambut yang rapuh.

Gunakan campuran kuning telur, minyak zaitun, dan madu sebagai masker rambut. Oleskan di rambut kemudian tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan sampo.

2. Alpukat

Alpukat mengandung protein, asam lemak, asam folat, magnesium, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Kandungan tersebut tentu lengkap sekali untuk kesehatan rambut. Nutrisi ini dapat melembabkan rambut serta menstimulasi pertumbuhan rambut.

Campurkan alpukat dan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke rambut, dengan catatan hindari akar rambut.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menjadi pelembab yang sangat bagus untuk rambut kering, rusak, dan bercabang. Menggunakan lidah buaya dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang dapat memperbaiki sel kulit mati pada kulit kepala. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker untuk rambut kamu. Niscaya rambut akan sehat.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Styling pada Rambut

Terlalu sering melakukan alat styling instan pada rambut dapat membuat rambutmu menjadi rusak dan kehilangan nutrisi. Suhu panas yang dihasilkan perlahan membuat lapisan melanin pada rambut menipis. Inilah awal dari penuaan rambut yang tanda-tandanya akan kita temui, seperti rambut kering, rontok, rapuh, bercabang, dan terlihat kusam.

5. Gunakan Vitamin Rambut
Menggunakan vitamin rambut memang cukup penting untuk menjaga kesehatan rambut. Terutama untuk kamu yang sering melalukan hair styling dan juga beraktivitas di bawah matahari langsung.

Vitamin rambut dapat melembabkan sekaligus menutrisi rambut, mengembalikan kilau rambut, hingga melindungi rambut dari kerusakan. Beri asupan vitamin pada rambut sehabis keramas saat rambut setengah basah. Rambut yang masih setengah basah akan lebih mudah menyerap nutrisi. Beri vitamin pada rambut mulai dari tengah hingga ke ujung rambut.

 


End of content

No more pages to load