Keindahan sunset di Pantai Gondo Mayit Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Keindahan sunset di Pantai Gondo Mayit Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Blitar memang tempat yang selalu bisa bikin pengunjungnya kagum. Tidak cuma dari tempat wisatanya saja, tapi juga pemandangan dan petualangan yang bisa disuguhkan.

Tapi perjalanan Anda tidak akan sempurna tanpa melihat sunset di Blitar. Nah, kali ini BLITARTIMES merekomendasikan sebuah tempat recommended buat Anda yang suka menikmati pemandangan matahari terbenam. Tempat tersebut adalah Pantai Pasetran Gondo Mayit, sebuah pantai berpasir putih di ujung selatan Jawa.

Sekilas mendengar nama Pantai Pasetran Gondo Mayit mungkin para traveller bisa langsung merinding. Namun di balik nama itu ternyata tersimpan keindahan pantai pasir putih yang membentang dengan pesona keindahannya.

Ya, Pantai Pasetran Gondo Mayit atau lebih dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih ini merupakan salah satu wisata pantai di Kabupaten Blitar yang berada dalam satu kawasan dengan Pantai Tambakrejo.

Kedua pantai ini hanya dipisahkan oleh sebuah bukit. Pantai Pasetran Gondo Mayit ini terletak di sebelah timur Pantai Tambakrejo, Letaknya masih sama di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Meskipun hanya terpisahkan oleh sebuah bukit, Pantai Pasetran Gondo Mayit ini memiliki karakteristik pasir yang berbeda dengan pantai tambakrejo. Dengan karakteristik pasir putih yang halus dan cenderung sepi membuat wisatawan akan dijamin lebih betah menjelajahi pantai ini.

Kalau traveller suka mencari pantai yang tenang dengan suasana khas pantai selatan Jawa yang kental, Anda bisa datang ke spot ini. Namun perlu diingat, meskipun nyali Anda cukup besar, silakan duduk-duduk dan relaks saja sambil menikmati pemandangan luar biasa ini.

 Pantai selatan Jawa memiliki ombak cukup besar, jadi disarankan kepada traveller untuk tidak berenang atau menepi mendekat pantai demi keamanan dan keselamatan.

Kembali ke pembahasan Pantai Gondo Mayit. Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pasir Putih Bagio, arti dari nama Pantai Pasir Putih Gondo Mayit sendiri memiliki beberapa versi. 

Menurut dia, nama Pasir Putih Gondo Mayit sendiri diambil dari sejarah atau cerita yang berkembang dari orang yang bertapa atau bersemedi di bukit yang berada di sebelah timur pantai tersebut. Akan tetapi setelah selang beberapa hari orang tersebut tidak diketahui keberadaannya, justru yang tercium aroma mayat.

"Mungkin ada dua versi sejarah yakni ceritanya pasir putih ini dulunya bukit di sebelah timur atau disebut Balekambang itu untuk menuju tempat tersebut harus melewati hamparan pasir putih yang membentang. Artinya orang yang mau ke tempat itu hatinya harus putih bersih tanpa ada niat buruk. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti cerita pertapa itu," terang Bagio saat ditemui BLITARTIMES, Kamis (8/8/2019).

Sedangkan versi yang kedua menurutnya sejarah Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit sendiri dalam versi cerita legenda adalah bekas pertapaan Nyi Gendeng Permoni. Permoni digambarkan sebagai sosok bangsa jin jahat yang sering menjerumuskan manusia ke dalam jurang kesesatan.

Maka, agar tidak tersesat dan terjerumus dalam tipu daya makhluk gaib, orang yang ingin ke bukit Balekambang tersebut harus melewati hamparan pasir putih untuk mengsucikan niat dan tujuannya.

"Itu semua sebenarnya adalah pesan bagi kita semua yang berkunjung ke tempat-tempat yang indah seperti ini harus saling menjaga baik itu dari segi lingkungan maupun etika dan perilaku kita sebagai manusia. Cerita itu sebenarnya hanya mitos agar kita tetap ingat pada sang pencipta," ujar Bagio sambil bercanda.

Bagi traveller yang ingin berkunjung ke Pantai Pasetran Gondo Mayit, rute yang dilalui masih searah dengan Pantai Tambakrejo. Anda hanya perlu belok ke kiri pada pertigaan Masjid Tambakrejo lalu cukup mengikuti jalan sekitar 500 m anda akan menemukan gang ke kanan menuju Pantai Pasir Putih Gondo Mayit.

Akses yang ditempuh cukup mudah, berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa parkir sampai di sekitar pantai. Untuk harga tiket masuk Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit ini pengunjung akan ditarif 5 ribu rupiah saja per orang, cukup murah bukan.

Tag's Berita

End of content

No more pages to load